Catatan Pendakian Gunung Kerinci, Si Atap Pulau Sumatera

Kerinci, lebih dari sekedar gunung tertinggi di Indonesia, gunung ini juga menawarkan pemandangan yang super indah jika Anda menjelajahinya. Untuk mendakinya, pastikan Anda memiliki perlengkapan yang memadai seperti jaket gunung untuk mengusir hawa dingin dan yang lainnya.

Gunung Kerinci

Sekilas tentang Gunung Kerinci

Gunung Kerinci tak cuma sebuah gunung tertinggi di Sumatera bahkan di Indonesia. Tapi juga merupakan saksi bisu di era penjajahan. Dulu, banyak warga yang dipekerjakan paksa di kaki gunung ini sebagai buruh pemetik teh tanpa diupah. Namun kini, Gunung Kerinci berubah menjadi simbol multikulturaslisme.

Toleransi kehidupan terjadi di sini. Entah itu pendatang maupun pribumi, semua ada dan tinggal di kaki Gunung Kerinci. Anda bisa menyaksikan berbagai bahasa menghiasi keseharian warganya di antaranya bahasa Jawa, bahasa Indonesia, bahasa Minang, dan bahasa lokal Kerinci.

Logistik Mendaki Gunung Kerinci

Sebelum mendaki Gunung Kerinci, ada baiknya Anda mempersiapkan perlengkapan terlebih dulu. Di antaranya carrier, pakaian trekking, sleeping bag, jaket gunung, kupluk, obat-obatan serta sepatu gunung.

Cuaca di Gunung Kerinci yang tidak bisa diprediksi mengharuskan Anda membawa banyak perlengkapan. Pakaian trekking, jaket, jas hujan dan lainnya dimaksudkan untuk melindungi Anda dari cuaca ekstrem yang sering terjadi. Namun, cuaca buruk yang terjadi sepanjang perjalanan tak menutup kemungkinan cuaca cerah di puncak.

Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan berbagai makanan instan karena Anda akan kesulitan menemukan tempat berjualan makanan di sini. Makanan itu seperti snack, biskuit, mie instan, minuman sachet dan air mineral. Satu lagi, Anda harus terus berhati-hati selama mendaki, karena harimau liar masih berkeliaran dengan bebas di area gunung ini.

Mendaki Gunung Kerinci

Untuk mendaki Gunung Kerinci, Anda bisa memulai dari Pintu Rimba. Di sini, Anda bisa menggunakan jasa ojek atau mobil pick up yang disediakan di basecamp melintasi Perkebunan teh Kayu Aro. Dari sini, Anda akan melanjutkan perjalanan menuju Pos Tugu Yudha dengan melewati beberapa pos.

Trek pendakian dari Pintu Rimba menuju Pos Tugu Yudha ini membuat Anda memasuki wilayah Jambi. Nah, di Tugu Yudha ini, Anda bisa beristirahat dan bermalam karena tempatnya yang luas dan datar meskipun agak cadas. Di sini ada petunjuk jalan berupa pipa besi yang dicat kuning merah sepanjang jalur ini yang berguna mencegah pendaki tersesat.

Dari Tugu Yudha ke puncak Gunung Kerinci, Anda akan menghadapi tanjakan yang curam. Meski begitu, pemandangan yang Anda peroleh dari puncak ketinggian 3.805 mdpl ini pastinya akan membuat susah Anda terbayarkan. Kota Padang, Jambi, Bengkulu, Gunung Tujuh dan Samudera Hindia bisa dilihat dari sini.

Kegiatan mendaki bisa sangat menyenangkan jika Anda memenuhi semua keperluan sebelumnya. Persiapkan apa saja kebutuhan Anda jauh-jauh hari sebelum mendaki seperti sepatu gunung. Anda bisa membelinya di Eiger secara online. Ada banyak pilihan yang bisa Anda pilih. Selain sepatu, masih ada produk lainnya seperti jaket yang keren.

Related Posts

Catatan Pendakian Gunung Kerinci, Si Atap Pulau Sumatera
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini